B A C K G R O U N D

Kamis, 04 Juli 2013

Bandara Paling Mengerikan di Dunia Ada di Nepal

Tidak semua bandara di dunia memiliki lokasi yang strategis dan nyaman. Beberapa bandara di dunia terdaftar memiliki lokasi yang tidak biasa sekaligus memacu adrenalin para penumpang pesawat. Salah satunya yang paling mengerikan adalah bandara di Lukla, Nepal.

Bandara bernama Tenzing-Hillary itu diakui sebagai yang paling berbahaya dan mengerikan oleh para pilot di seluruh dunia. Letaknya diantara pegunungan Himalaya dengan landasan pacu sangat pendek dan belokan tajam. Lebih ngerinya, landasan tersebut berujung ke tepi gunung yang ada jurang menganga di bawahnya dan tebing di sisi berlawanan untuk mendarat.

Dikenal juga sebagai bandara Lukla, para pendaki Himalaya mengakui mendarat di sana lebih mengerikan daripada naik gunung itu sendiri. Lukla merupakan gerbang bagi para pendaki yang ingin menjelajahi Himalaya dengan berjalan kaki. Tak heran, bandara ini sangat sibuk dengan lalu lintas helikopter dan pesawat amatir setiap harinya.

Berada di ketinggian 10 ribu kaki dpl, bandara ini menambah sulit landing dan take off dengan landasan selebar 19 meter. Pilot hanya mengandalkan penglihatan mata untuk navigasi yang cuacanya lebih sering berkabut tebal disertai angin kencang. Dengan gradien 12 persen, bandara ini juga menjadi salah satu yang memiliki landasan pacu paling curam di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar